Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Media Powerpoint Interaktif pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V MIN 3 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author Khairunnisa, Irma
dc.date.accessioned 2025-05-15T02:45:31Z
dc.date.available 2025-05-15T02:45:31Z
dc.date.issued 2024-01-18
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6377
dc.description.abstract IRMA KHAIRUNNISA Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Media Powerpoint Interaktif pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V MIN 3 Pontianak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan penelitian adalah untuk memaparkan: pertama, hasil belajar IPA prasiklus. Kedua, langkah-langkah penerapan model pembelajaran kontekstual dengan media powerpoint interaktif. ketiga hasil belajar IPA setelah diterapkannya model kontekstual dengan media powerpoint interaktif. Metode penelitian adalah (PTK) atau action research. Pengumpulan data dengan metode observasi dan soal tes hasil belajar. Penelitian dilakukan dua siklus yang dilaksanakan di MIN 3 Pontianak pada kelas VA berjumlah 43 orang semester genap tahun ajaran 2022/2023. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes. Analisis data yang digunakan mean atau rata-rata menggunakan Microsoft excel 2010. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: pertama, rata-rata hasil belajar IPA sebesar 69,53. Kedua, penerapan model pembelajaran kontekstual dengan media powerpoint interaktif dapat terlaksana dengan baik. Ketiga, peningkatan hasil belajar IPA pada Siklus I (37%) dan Siklus II (100%) dengan nilai rata-rata pada Siklus I 73,2 dan Siklus II 91. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penggunaan model kontekstual dengan media powerpoint interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPA. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kontekstual en_US
dc.subject Media Powerpoint Interaktif en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Media Powerpoint Interaktif pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V MIN 3 Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account