Abstract:
Rina, 12110073: “Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Apa dan
untuk Apa Magnet Diciptakan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing dan Inkuiri Bebas Kelas V di SDN 19 Pontianak Utara Tahun Pelajaran
2024/2025: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar di SDN 19
Pontianak Utara, khususnya pada peserta didik kelas V yang disebabkan oleh faktor
cara mengajar guru, yaitu kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Skor rata-rata prestasi belajar
peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing
pada materi apa dan untuk apa magnet diciptakan Kelas VB di SDN 19 Pontianak
Utara Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) Skor rata-rata prestasi belajar peserta didik
yang diajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Bebas pada materi apa dan
untuk apa magnet diciptakan Kelas VA di SDN 19 Pontianak Utara Tahun Pelajaran
2024/2025. 3) Perbedaan skor rata-rata prestasi belajar peserta didik yang diajar
menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas pada
materi apa dan untuk apa magnet diciptakan Kelas VA dan VB di SDN 19 Pontianak
Utara Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 19 Pontianak Utara, Gg Wartawan,
Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen
berbentuk Quasi exsperimen jenis Pretest-Postest with Control Grup design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VA dan VB. Teknik
berupa tes, observasi partisipan, dan strudi dokumentasi. Alat pengumpulan data
berupa lembar soal tes, lembar observasi dan handphone. Analisis data
menggunakan analisis instrumen, analisis butir soal, analisis deskriptif dan analisis
komparasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Skor rata-rata prestasi belajar peserta didik
yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi apa dan
untuk apa magnet diciptakan kelas VB di SDN 19 Pontianak Utara tahun pelajaran
2024/2025 adalah 75,96, dengan peningkatan sebesar 43,83 dari 32,12 (Pretest)
menjadi 75,96 (Posttest). 2) Skor rata-rata prestasi belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran Inkuiri Bebas pada materi apa dan untuk apa
magnet diciptakan kelas VA di SDN 19 Pontianak Utara tahun pelajaran 2024/2025
adalah 73,08, dengan peningkatan sebesar 23,99 dari 49,09 (Pretest) menjadi 73,08
(Posttest). 3) Terdapat Perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata prestasi
belajar peserta didik yang menggunakan model Inkuiri Terbimbing dengan Inkuiri
Bebas pada materi apa dan untuk apa magnet diciptakan kelas VA dan VB di SDN
19 Pontianak Utara 2024/2025 yaitu dengan nilai signifikansi dari uji T N-Gain
Score sebesar 0, 048.