PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI APA DAN UNTUK APA MAGNET DICIPTAKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS KELAS V DI SDN 19 PONTIANAK UTARA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author Rina, Rina
dc.date.accessioned 2025-05-15T01:14:28Z
dc.date.available 2025-05-15T01:14:28Z
dc.date.issued 2025-04-28
dc.identifier.citation APA(American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6372
dc.description.abstract Rina, 12110073: “Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Apa dan untuk Apa Magnet Diciptakan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Kelas V di SDN 19 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2024/2025: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar di SDN 19 Pontianak Utara, khususnya pada peserta didik kelas V yang disebabkan oleh faktor cara mengajar guru, yaitu kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Skor rata-rata prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi apa dan untuk apa magnet diciptakan Kelas VB di SDN 19 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) Skor rata-rata prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Bebas pada materi apa dan untuk apa magnet diciptakan Kelas VA di SDN 19 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2024/2025. 3) Perbedaan skor rata-rata prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas pada materi apa dan untuk apa magnet diciptakan Kelas VA dan VB di SDN 19 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 19 Pontianak Utara, Gg Wartawan, Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk Quasi exsperimen jenis Pretest-Postest with Control Grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VA dan VB. Teknik berupa tes, observasi partisipan, dan strudi dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar soal tes, lembar observasi dan handphone. Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis butir soal, analisis deskriptif dan analisis komparasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Skor rata-rata prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi apa dan untuk apa magnet diciptakan kelas VB di SDN 19 Pontianak Utara tahun pelajaran 2024/2025 adalah 75,96, dengan peningkatan sebesar 43,83 dari 32,12 (Pretest) menjadi 75,96 (Posttest). 2) Skor rata-rata prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Bebas pada materi apa dan untuk apa magnet diciptakan kelas VA di SDN 19 Pontianak Utara tahun pelajaran 2024/2025 adalah 73,08, dengan peningkatan sebesar 23,99 dari 49,09 (Pretest) menjadi 73,08 (Posttest). 3) Terdapat Perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model Inkuiri Terbimbing dengan Inkuiri Bebas pada materi apa dan untuk apa magnet diciptakan kelas VA dan VB di SDN 19 Pontianak Utara 2024/2025 yaitu dengan nilai signifikansi dari uji T N-Gain Score sebesar 0, 048. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Inkuiri Terbimbing en_US
dc.subject Inkuiri Bebas en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI APA DAN UNTUK APA MAGNET DICIPTAKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS KELAS V DI SDN 19 PONTIANAK UTARA TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account