Abstract:
Heny Endang Wahyuni. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran
Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gaya
Gravitasi Bumi Kelas IV Di SDN 39 Pontianak Tahun 2024/2025. Fakultas
Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan media
video pembelajaran berbasis powtoon pada pembelajaran IPA materi gaya
gravitasi bumi peserta didik kelas IV di SDN 39 Pontianak Tahun
2024/2025, 2) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA pada
materi gaya gravitasi bumi sebelum menggunakan media video
pembelajaran berbasis powtoon kelas IV di SDN 39 Pontianak Tahun
2024/2025, 3) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi
gaya gravitasi bumi setelah menggunakan media video pembelajaran
berbasis powtoon kelas IV di SDN 39 Pontianak Tahun 2024/2025, 4)
pengaruh penggunaan media video pembelajaran berbasis powtoon terhadap
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi gaya gravitasi
bumi kelas IV SDN 39 Pontianak Tahun 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimen dengan
pendekatan Non-equivalent Control Grup Design. Subjek penelitian terdiri
dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media video
pembelajaran berbasis powtoon dan kelas kontrol yang tidak menggunakan
media video pembelajaran berbasis powtoon. Pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian
menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) Penggunaan media video
pembelajaran berbasis powtoon pada pembelajaran IPA materi gaya
gravitasi bumi telah terlaksanakan dengan baik dan lancar. 2) Hasil belajar
peserta didik yang belum menggunakan media video pembelajaran berbasis
powtoon pada kelas kontrol masih di bawah rata-rata dengan nilai rata-rata
Pretest 47,60 dan nilai rata-rata Posttest 65,28. 3) Hasil belajar peserta didik
setelah menggunakan media video pembelajaran berbasis powtoon pada
kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata Pretest
48,80 dan nilai rata-rata Posttest 78,04. 4) Berdasarkan hasil uji independent
sample t-test kelas eksperimen bahwa di dapatkan nilai signifikan sebesar
0,039 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh
pada penggunaan media video pembelajaran berbasis powtoon terhadap
hasil belajar peserta didik pada materi gaya gravitasi bumi kelas IV di SDN
39 Pontianak Tahun 2024/2025.