PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SDN 39 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Janah, Roikhatul
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Rahmap, Rahmap
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author Wahyuni, Heny Endang
dc.date.accessioned 2025-05-15T01:03:32Z
dc.date.available 2025-05-15T01:03:32Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6370
dc.description.abstract Heny Endang Wahyuni. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gaya Gravitasi Bumi Kelas IV Di SDN 39 Pontianak Tahun 2024/2025. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan media video pembelajaran berbasis powtoon pada pembelajaran IPA materi gaya gravitasi bumi peserta didik kelas IV di SDN 39 Pontianak Tahun 2024/2025, 2) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA pada materi gaya gravitasi bumi sebelum menggunakan media video pembelajaran berbasis powtoon kelas IV di SDN 39 Pontianak Tahun 2024/2025, 3) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi gaya gravitasi bumi setelah menggunakan media video pembelajaran berbasis powtoon kelas IV di SDN 39 Pontianak Tahun 2024/2025, 4) pengaruh penggunaan media video pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi gaya gravitasi bumi kelas IV SDN 39 Pontianak Tahun 2024/2025. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimen dengan pendekatan Non-equivalent Control Grup Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media video pembelajaran berbasis powtoon dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media video pembelajaran berbasis powtoon. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) Penggunaan media video pembelajaran berbasis powtoon pada pembelajaran IPA materi gaya gravitasi bumi telah terlaksanakan dengan baik dan lancar. 2) Hasil belajar peserta didik yang belum menggunakan media video pembelajaran berbasis powtoon pada kelas kontrol masih di bawah rata-rata dengan nilai rata-rata Pretest 47,60 dan nilai rata-rata Posttest 65,28. 3) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media video pembelajaran berbasis powtoon pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata Pretest 48,80 dan nilai rata-rata Posttest 78,04. 4) Berdasarkan hasil uji independent sample t-test kelas eksperimen bahwa di dapatkan nilai signifikan sebesar 0,039 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh pada penggunaan media video pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gaya gravitasi bumi kelas IV di SDN 39 Pontianak Tahun 2024/2025. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media Video Powtoon en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SDN 39 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account