Abstract:
ANDI NURHALIFAH. Penerapan Metode Suku Kata Menggunakan Media
Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan
pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 Peserta Didik Kelas 1 MIS Al
Multazam Wajok Hilir. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN)
Pontianak, 2023.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan
membaca permulaan peserta didik kelas Ⅰ, Sebelumnya masih ada peserta
didik yang belum mengenal huruf dan masih ada yang terbata-bata ketika
membaca. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Keterampilan
membaca permulaan peserta didik sebelum penerapan metode suku kata
menggunakan media kartu bergambar pada pembelajaran tematik tema 5
subtema 2 peserta didik kelas Ⅰ, Untuk Mendeskripsikan Keterampilan
membaca permulaan peserta didik sesudah penerapan metode suku kata
menggunakan media kartu bergambar pada pembelajaran tematik tema 5
subtema 2 peserta didik kelas Ⅰ, Untuk mendeskripsikan Peningkatan terhadap
keterampilan membaca permulaan peserta didik sesudah penerapan metode
suku kata menggunakan media kartu bergambar pada pembelajaran tematik
tema 5 subtema 2 peserta didik kelas.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas (PTK),
pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian gabungan
kualitatif dan kuantitatif atau Mixed Method. Objek pada penelitian ini adalah
peserta didik kelas Ⅰ MIS Al Multazam. Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data yaitu, Observasi, tes bacaan, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode suku
kata menggunakan media kartu bergambar pada pembelajaran tematik tema
5 subtema 2 dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta
didik kelas Ⅰ MIS Al Multazam. Hal ini dapat dilihat dari (1) Peserta didik
sudah mampu menyebutkan simbol-simbol huruf (2) Peserta didik sudah
mampu membaca kata (3) Peserta didik sudah mampu membaca kalimat
sederhana. Hal ini juga ditunjukan dari tahap pre test persentase ketercapaian
sebesar 37,20% kategori tuntas dan persentase 58,22% kategori tidak tuntas
dengan nilai rata-rata 63,44 . Pada pelaksanaan siklus Ⅰ persentase yang
tercapai sebesar 64,28% kategori tuntas dan 32,14% kategori tidak tuntas
dengan nilai rata-rata 72,78 dengan mendapatkan jumlah ketuntasan sebesar
66%. Pada tahap siklus Ⅱ persentase tercapai sebesar 83,4% kategori tuntas
dan 16,7% kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 73,61 dengan
mendapatkan jumlah ketuntasan sebesar 88%.