Penerapan Metode Suku Kata Menggunakan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 Peserta Didik Kelas 1 MIS Al Multazam Wajok Hilir

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusriadi, Yusriadi
dc.contributor.advisor Raudlah, Siti
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Djarot, Muhammad
dc.contributor.author Nurhalifah, Andi
dc.date.accessioned 2025-05-14T07:35:21Z
dc.date.available 2025-05-14T07:35:21Z
dc.date.issued 2024-01-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6369
dc.description.abstract ANDI NURHALIFAH. Penerapan Metode Suku Kata Menggunakan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 Peserta Didik Kelas 1 MIS Al Multazam Wajok Hilir. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak, 2023. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas Ⅰ, Sebelumnya masih ada peserta didik yang belum mengenal huruf dan masih ada yang terbata-bata ketika membaca. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Keterampilan membaca permulaan peserta didik sebelum penerapan metode suku kata menggunakan media kartu bergambar pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 peserta didik kelas Ⅰ, Untuk Mendeskripsikan Keterampilan membaca permulaan peserta didik sesudah penerapan metode suku kata menggunakan media kartu bergambar pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 peserta didik kelas Ⅰ, Untuk mendeskripsikan Peningkatan terhadap keterampilan membaca permulaan peserta didik sesudah penerapan metode suku kata menggunakan media kartu bergambar pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 peserta didik kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas (PTK), pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian gabungan kualitatif dan kuantitatif atau Mixed Method. Objek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas Ⅰ MIS Al Multazam. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu, Observasi, tes bacaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode suku kata menggunakan media kartu bergambar pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas Ⅰ MIS Al Multazam. Hal ini dapat dilihat dari (1) Peserta didik sudah mampu menyebutkan simbol-simbol huruf (2) Peserta didik sudah mampu membaca kata (3) Peserta didik sudah mampu membaca kalimat sederhana. Hal ini juga ditunjukan dari tahap pre test persentase ketercapaian sebesar 37,20% kategori tuntas dan persentase 58,22% kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 63,44 . Pada pelaksanaan siklus Ⅰ persentase yang tercapai sebesar 64,28% kategori tuntas dan 32,14% kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 72,78 dengan mendapatkan jumlah ketuntasan sebesar 66%. Pada tahap siklus Ⅱ persentase tercapai sebesar 83,4% kategori tuntas dan 16,7% kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 73,61 dengan mendapatkan jumlah ketuntasan sebesar 88%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Sukukata en_US
dc.subject Kartu Bergambar en_US
dc.subject Membaca Permulaan en_US
dc.title Penerapan Metode Suku Kata Menggunakan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 2 Peserta Didik Kelas 1 MIS Al Multazam Wajok Hilir en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account