Abstract:
ISNA ENINGSIH, Penguatan Profil Pelajar Pancasila Menggunakan
Model Value Clarification Technique (VCT) Tipe Pengalaman Diri Sendiri Pada
Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut
Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Berdasarkan wawancara yang peneliti lakukan di SD Negeri 03 Pontianak
Timur terdapat beberapa hal yang perlu dimaksimalkan yaitu pada penerapakan
Value Clarification Technique (VCT) untuk penguatan profil pancasila, maka
perlu dilakukan perbaikan dari segi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Maka
tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penguatan Profil Pelajar
Pancasila menggunakan model Value Clarification Techniquen (VCT) tipe
pengalaman diri sendiri pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Pancasila
Dasar Negaraku kelas II C Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Timur tahun ajaran
2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif
kualitatif . Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sekunder,
yaitu: 1) Sumber primer adalah guru kelas II C dan kepala sekolah; 2) Sumber
sekunder berupa skripsi terdahulu, jurnal serta buku. Teknik yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan
dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan
teknik analisis isi berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Perencanaan yang dilakukan guru di SD 03 Pontianak Timur sudah
sesuai keteria dalam Model Value Clarifition Technique (VCT) Tipe pengalaman
Diri Sendiri; 2) Pelaksanaan dengan menerapkan Model Value Clarifition
Technique (VCT) tipe pengalaman diri sendiri guru telah berhasil melaksanakan
pembelajaran yang tidak hanya mengajarkan materi pancasila dasar negeraku,
tetapi juga membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila; 3)
Evaluasi yang dilakukan sudah sesuai dengan Model Value Clarifition Technique
(VCT) Tipe Pengalaman Diri Sendiri, evaluasi tersebut juga dapat menilai
efektivitas pembelajaran Pendidikan pancasila. 4) Dalam penelitian ini terdapat
faktor pendukung dan juga penghambat dalam penguatan profil pelajar pancasila
menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) tipe pengalaman diri
sendiri. Berdasarkan paparan diatas implikasinya yaitu untuk pemahaman nilai
yang lebih mendalam, peserta didik akan lebih memahami nilai-nilai Pancasila
bukan hanya secara teoritis, tetapi juga melalui pengalaman langsung selain itu
juga dapat memperkuat dalam aspek Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
serta dalam aspek mandiri.