Abstract:
NURSHAKINA AINI. Penerapan Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan
Perseorangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tubuh Tumbuhan Kelas IV di SD
Negeri 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini terdiri dari: 1) Bagaimana hasil belajar peserta didik pada
materi tubuh tumbuhan kelas IV di SD Negeri 09 Pontianak Utara sebelum menggunakan
keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan. 2) Bagaimana proses penerapan
keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik pada materi tubuh tumbuhan kelas IV di SD Negeri 09 Pontianak Utara. 3)
Apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perseorangan kelas IV di SD Negeri 09 Pontianak Utara.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Classroom
Action Research (CAR). Dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Pada
setiap siklusnya terdapat empat tahap yang sama, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3)
Observasi, dan 4) Refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru
kelas IV C Ibu Ayu Seftyaningtias, S.Pd., Gr. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang
digunakan berupa lembar observasi, instrumen tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum
menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan materi tubuh
tumbuhan, menunjukkan kategori sangat kurnag pada pra siklus dengan nilai rata-rata 52
dengan persentase sebesar 34.4%. Hal ini berarti sebelum penerapan keterampilan mengajar
kelompok kecil dan perseorangan masih rendah dan perlu dilakukannya tindakan. 2) Proses
penerapan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan pada materi tubuh
tumbuhan menunjukkan kategori sangat baik pada siklus I dengan persentase sebesar 96%
dan pada siklus II dengan persentase sebesar 100%. Hal ini berarti penerapan keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perseorangan sudah dapat digunakan secara optimal dalam
proses pembelajaran. 3) Terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik
setelah menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan materi tubuh
tumbuhan kelas IV C dari siklus I hingga siklus II. Pada siklus I menunjukkan kategori baik
dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 71 dan persentasenya sebesar 37.5%,
sedangkan pada siklus II menunjukkan kategori sangat baik dengan nilai rata-rata hasil belajar
peserta didik yaitu 81 dan persentasenya sebesar 84.4%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan yang signifikan dari siklus I hingga siklus II dengan persentase sebesar 46.87%.