Penerapan Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tubuh Tumbuhan Kelas IV di SD Negeri 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Jannah, Roikhatul
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author Aini, Nurshakina
dc.date.accessioned 2025-05-08T02:59:40Z
dc.date.available 2025-05-08T02:59:40Z
dc.date.issued 2024-01-19
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6322
dc.description.abstract NURSHAKINA AINI. Penerapan Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tubuh Tumbuhan Kelas IV di SD Negeri 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini terdiri dari: 1) Bagaimana hasil belajar peserta didik pada materi tubuh tumbuhan kelas IV di SD Negeri 09 Pontianak Utara sebelum menggunakan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan. 2) Bagaimana proses penerapan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi tubuh tumbuhan kelas IV di SD Negeri 09 Pontianak Utara. 3) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan kelas IV di SD Negeri 09 Pontianak Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Classroom Action Research (CAR). Dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahap yang sama, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas IV C Ibu Ayu Seftyaningtias, S.Pd., Gr. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, instrumen tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan materi tubuh tumbuhan, menunjukkan kategori sangat kurnag pada pra siklus dengan nilai rata-rata 52 dengan persentase sebesar 34.4%. Hal ini berarti sebelum penerapan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan masih rendah dan perlu dilakukannya tindakan. 2) Proses penerapan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan pada materi tubuh tumbuhan menunjukkan kategori sangat baik pada siklus I dengan persentase sebesar 96% dan pada siklus II dengan persentase sebesar 100%. Hal ini berarti penerapan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan sudah dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran. 3) Terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik setelah menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan materi tubuh tumbuhan kelas IV C dari siklus I hingga siklus II. Pada siklus I menunjukkan kategori baik dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 71 dan persentasenya sebesar 37.5%, sedangkan pada siklus II menunjukkan kategori sangat baik dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 81 dan persentasenya sebesar 84.4%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari siklus I hingga siklus II dengan persentase sebesar 46.87%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil en_US
dc.subject Perseorangan en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Materi Tubuh Tumbuhan en_US
dc.title Penerapan Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tubuh Tumbuhan Kelas IV di SD Negeri 09 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account