Abstract:
NURUL HIKMAH. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran
Value Clarivication Tehnique Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V
Materi Ekosistem Yang Harmoni di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun
Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Hasil belajar kelas
kontrol tanpa menerapkan model pembelajaran value clarivication tehnique
pada materi ekosistem yang harmoni; (2) Hasil belajar kelas eksperimen
dengan menerapkan model pembelajaran value clarivication tehnique pada
materi ekosistem yang harmoni; (3) Ada tidaknya pengaruh signifikan pada
penerapan model pembelajaran value clarivication tehnique terhadap hasil
belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen pada materi ekosistem
yang harmoni di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain
quasi eksperimental design berupa nonequivalent control group desain.
Populasi dalam penelitian ini kelas V di MIS Al-Ikhwah berjumlah 60 peserta
didik yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas A dan B. Sampel dalam
penelitian ini dipilih menggunakan teknik nonprobability sampling teknik
sampel jenuh yang berjumlah 2 kelas yaitu kelas VA sebanyak 30 peserta
didik dan VB sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu teknik pengukuran (tes) dan teknik dokumentasi. Alat
pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar soal dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat normalitas dan uji
statistik non-parameterik.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol tanpa
menerapkan strategi value clarivication tehnique (VCT) pada materi
ekosistem yang harmoni di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota tahun ajaran
2024/2025 menunjukkan rata-rata hasil post-test yaitu sebesar 65,63; (2)
Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen setelah menerapkan strategi
value clarivication tehnique (VCT) pada materi ekosistem yang harmoni di
MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota tahun ajaran 2024/2025 menunjukkan ratarata hasil post-test sebesar 77,87; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada
penerapan strategi value clarivication tehnique (VCT) terhadap hasil belajar
peserta didik kelas kontrol dan eksperimen pada materi ekosistem yang
harmoni di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun ajaran 2024/2025.