PENGARUH STRATEGI VALUE CLARIVICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATERI EKOSISTEM YANG HARMONI DI MIS AL-IKHWAH PONTIANAK KOTA TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhamad Tisna
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Hikmah, Nurul
dc.date.accessioned 2025-05-07T02:07:03Z
dc.date.available 2025-05-07T02:07:03Z
dc.date.issued 2025-04-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6309
dc.description.abstract NURUL HIKMAH. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Value Clarivication Tehnique Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Materi Ekosistem Yang Harmoni di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Hasil belajar kelas kontrol tanpa menerapkan model pembelajaran value clarivication tehnique pada materi ekosistem yang harmoni; (2) Hasil belajar kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran value clarivication tehnique pada materi ekosistem yang harmoni; (3) Ada tidaknya pengaruh signifikan pada penerapan model pembelajaran value clarivication tehnique terhadap hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen pada materi ekosistem yang harmoni di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design berupa nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini kelas V di MIS Al-Ikhwah berjumlah 60 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas A dan B. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik nonprobability sampling teknik sampel jenuh yang berjumlah 2 kelas yaitu kelas VA sebanyak 30 peserta didik dan VB sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran (tes) dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar soal dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat normalitas dan uji statistik non-parameterik. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol tanpa menerapkan strategi value clarivication tehnique (VCT) pada materi ekosistem yang harmoni di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota tahun ajaran 2024/2025 menunjukkan rata-rata hasil post-test yaitu sebesar 65,63; (2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen setelah menerapkan strategi value clarivication tehnique (VCT) pada materi ekosistem yang harmoni di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota tahun ajaran 2024/2025 menunjukkan ratarata hasil post-test sebesar 77,87; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi value clarivication tehnique (VCT) terhadap hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen pada materi ekosistem yang harmoni di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun ajaran 2024/2025. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Value Clarivication Tehnique en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject IPA en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI VALUE CLARIVICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATERI EKOSISTEM YANG HARMONI DI MIS AL-IKHWAH PONTIANAK KOTA TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account