Abstract:
UTIN WANDA SARI, Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Rotating
Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Materi Sistem
Pencernaan Manusia di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Hasil belajar kelas kontrol
tanpa menerapkan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada materi sistem
pencernaan manusia; (2) Hasil belajar kelas eksperimen dengan menerapkan strategi
pembelajaran Rotating Trio Exchange pada materi sistem pencernaan manusia; (3) Ada
tidaknya pengaruh signifikan pada penerapan strategi Rotating Trio Exchange terhadap
hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen pada materi sistem pencernaan
manusia di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.
Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan design quaisy eksperimental design
berupa nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2
kelas dan sampel berjumlah 2 kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
teknik pengukuran (tes) dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang
digunakan yaitu lembar soal dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
uji prasyrat normalitas dan uji statistik non-parametrik.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol tanpa menerapkan strategi
pembelajaran Rotating Trio Exchange pada materi sistem pencernaan manusia di MIS
Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025 menunjukkan rata-rata hasil
post-test yaitu sebesar 77,03; (2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen setelah
menerapkan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada materi sistem
pencernaan manusia di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025
mengalami peningkatan dengan menunjukkan rata-rata hasil post-test sebesar 77,67;
(3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran Rotating
Trio Exchange terhadap hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen pada
materi sistem pencernaan manusia di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran
2024/2025.