PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGIPEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGETERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI MIS AL-IKHWAH PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Muthmainnah, Fitri
dc.contributor.author Sari, Utin Wanda
dc.date.accessioned 2025-05-07T01:37:03Z
dc.date.available 2025-05-07T01:37:03Z
dc.date.issued 2025-04-14
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6307
dc.description.abstract UTIN WANDA SARI, Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Materi Sistem Pencernaan Manusia di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Hasil belajar kelas kontrol tanpa menerapkan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada materi sistem pencernaan manusia; (2) Hasil belajar kelas eksperimen dengan menerapkan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada materi sistem pencernaan manusia; (3) Ada tidaknya pengaruh signifikan pada penerapan strategi Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen pada materi sistem pencernaan manusia di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan design quaisy eksperimental design berupa nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas dan sampel berjumlah 2 kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran (tes) dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar soal dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyrat normalitas dan uji statistik non-parametrik. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol tanpa menerapkan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada materi sistem pencernaan manusia di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025 menunjukkan rata-rata hasil post-test yaitu sebesar 77,03; (2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen setelah menerapkan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada materi sistem pencernaan manusia di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025 mengalami peningkatan dengan menunjukkan rata-rata hasil post-test sebesar 77,67; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen pada materi sistem pencernaan manusia di MIS Al-Ikhwah Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2024/2025. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject IPA en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGIPEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGETERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI MIS AL-IKHWAH PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account