Abstract:
NURUL FITRIA, Pengaruh Metode Ekspresi Bebas Terhadap
Kreativitas Menggambar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 24 Sungai
Kakap: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025.
Kreativitas menggambar adalah kemampuan seseorang untuk
menciptakan sesuatu karya sebagai upaya yang seseorang wujudkan sebagai
kemampuan dalam menghasilkan sebuah karya. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan: 1) kreativitas menggambar peserta didik di kelas IV
B (kontrol). 2) kreativitas peserta didik di kelas IV C (eksperimen). 3)
pengaruh metode ekspresi bebas terhadap kreativitas menggambar peserta
didik. 4) besar pengaruh metode ekspresi bebas terhadap kreativitas
menggambar peserta didik.
Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, maka digunakan jenis
penelitian kuantitatif dengan metode eskperimen. Desain penelitian yang
digunakan yaitu ekperimen jenis Quasi Experimen dengan bentuk
rancangan nonequivalent control group design. Adapun populasi dalam
penelitian ini yaitu peserta didik kelas lV SD Negeri 24 Sungai Kakap.
Pengambilan sampel mengunakan Teknik purposive sampling, berdasarkan
pertimbangan yaitu rekomendasi oleh wali kelas,kelas IV B (kontrol) dan IV
C (eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi,
dokumentasi. sedangkan alat pengumpulan data menggunakan rubik
penilaian, lembar observasi dan dokumentasi. Selanjutnya analisa data
menggunakan uji statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dibuktikan bahwa: 1)
kreativitas menggambar di kelas kontrol pada saat pretest memperoleh rata-
rata 61,40 dengan kategori cukup dan pada saat posttest memperoleh rata
rata 64,48dengan kategori cukup. 2) kreativitas menggambar di kelas
eksperimen pada saat pretest memperoleh rata-rata 59,28 dengan kategori
kurang dan pada saat posttest memperoleh rata-rata 72,55 dengan kategori
baik. 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan hasil uji effect
size sebesar 0,655, artinya pengaruh metode ekspresi bebas di kelas
eksperimen memberikan pengaruh dengan kategori sedang terhadap
kreativitas menggambar. 4) bedasarkan besar pengaruh terdapat kenaikan
sebesar 8,07 pada kelompok eksperimen.