PENGARUH METODE EKSPRESI BEBAS TERHADAP KREATIVITAS MENGAMBAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 24 SUNGAI KAKAP

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Harriska, Harriska
dc.contributor.author Fitria, Nurul
dc.date.accessioned 2025-05-07T01:26:02Z
dc.date.available 2025-05-07T01:26:02Z
dc.date.issued 2025-04-14
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6305
dc.description.abstract NURUL FITRIA, Pengaruh Metode Ekspresi Bebas Terhadap Kreativitas Menggambar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 24 Sungai Kakap: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025. Kreativitas menggambar adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu karya sebagai upaya yang seseorang wujudkan sebagai kemampuan dalam menghasilkan sebuah karya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kreativitas menggambar peserta didik di kelas IV B (kontrol). 2) kreativitas peserta didik di kelas IV C (eksperimen). 3) pengaruh metode ekspresi bebas terhadap kreativitas menggambar peserta didik. 4) besar pengaruh metode ekspresi bebas terhadap kreativitas menggambar peserta didik. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, maka digunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eskperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu ekperimen jenis Quasi Experimen dengan bentuk rancangan nonequivalent control group design. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas lV SD Negeri 24 Sungai Kakap. Pengambilan sampel mengunakan Teknik purposive sampling, berdasarkan pertimbangan yaitu rekomendasi oleh wali kelas,kelas IV B (kontrol) dan IV C (eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi. sedangkan alat pengumpulan data menggunakan rubik penilaian, lembar observasi dan dokumentasi. Selanjutnya analisa data menggunakan uji statistik deskriptif. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dibuktikan bahwa: 1) kreativitas menggambar di kelas kontrol pada saat pretest memperoleh rata- rata 61,40 dengan kategori cukup dan pada saat posttest memperoleh rata rata 64,48dengan kategori cukup. 2) kreativitas menggambar di kelas eksperimen pada saat pretest memperoleh rata-rata 59,28 dengan kategori kurang dan pada saat posttest memperoleh rata-rata 72,55 dengan kategori baik. 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan hasil uji effect size sebesar 0,655, artinya pengaruh metode ekspresi bebas di kelas eksperimen memberikan pengaruh dengan kategori sedang terhadap kreativitas menggambar. 4) bedasarkan besar pengaruh terdapat kenaikan sebesar 8,07 pada kelompok eksperimen. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Ekspresi Bebas en_US
dc.subject Kreativitas en_US
dc.subject Menggambar en_US
dc.title PENGARUH METODE EKSPRESI BEBAS TERHADAP KREATIVITAS MENGAMBAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 24 SUNGAI KAKAP en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account