Abstract:
IMA, Penerapan Strategi Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MIS Nurul Muslimin: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk memaparkan: 1) Ketuntasan hasil belajar sebelum penerapan strategi pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPA. 2) Langkah-langkah penggunaan penerapan strategi pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPA. 3) Ketuntasan hasil belajar setelah penerapan strategi pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPA. 4) Peningkatan hasil belajar setelah penerapan strategi pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPA kelas V di MIS Nurul Muslimin tahun pelajaran 2024/2025
Jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VA di MIS Nurul Muslimin berjumlah 20 orang. Teknik dan alat pengumpulan data berupa tes (lembar soal), observasi (lembar observasi) dan dokumentasi (dokumen dan kamera). Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif yaitu mean dan persentase.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Ketuntasan hasil belajar peserta didik sebelum penerapan strategi Team Quiz pada mata pelajaran IPA kelas VA di MIS Nurul Muslimin tahun pelajaran 2024/2025 adalah sebesar 30%. 2) Langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPA kelas VA di MIS Nurul Muslimin tahun pelajaran 2024/2025 baik pada siklus I maupun siklus II terlaksana 100%. 3) Ketuntasan hasil belajar sesudah penerapan strategi pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPA kelas VA di MIS Nurul Muslimin tahun pelajaran 2024/2025 pada siklus I sebesar 55% dan siklus II sebesar 90%. 4) Terdapat Peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum penerapan strategi pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPA kelas VA di MIS Nurul Muslimin tahun pelajaran 2024/2025 dari Prasiklus 30% menjadi 55% di siklus I dan 90% di siklus II.