Abstract:
NURNABILA, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Scramble pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
di SDN 27 Sungai Kakap Tahun Ajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1)skor rata-rata hasil
belajar IPA peserta didik kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe scramble di SDN 27 Sungai Kakap Tahun Ajaran 2024/2025; 2) skor
rata-rata hasil belajar IPA peserta didik kelas eksperimen dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe scramble di SDN 27 Sungai Kakap Tahun
Ajaran 2024/2025; 3) pelaksanaan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
scramble di sdn 27 Sungai Kakap tahun ajaran 2024/2025; 4) pengaruh penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada mata pelajaran IPA kelas IV
terhadap hasil belajar peserta didik di SDN 27 Sungai Kakap Tahun Ajaran
2024/2025.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy
Experimen. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas IV A
berjumlah 21 peserta didik dan IV B berjumlah 20 peserta didik. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability
jenis sampel jenuh. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control
Group. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu observasi, tes dan
dokumentasi. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes pilihan ganda.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji instrumen, dan uji
prasyarat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Skor rata-rata hasil belajar pada
kelas kontrol yaitu 64,66; 2) Skor rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu
72,33; 3) Persentase terlaksananya kegiatan pembelajaran menggunakan model
pembelajran kooperatif tipe scramble adalah 100%; 4) Terdapat pengaruh
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada hasil belajar IPA
hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai sig (2-tailed) adalah 0,005 maka sig
(2-tailed) < a = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak Ha diterima.