PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 27 SUNGAI KAKAP TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author Nurnabila, Nurnabila
dc.date.accessioned 2025-05-07T01:12:05Z
dc.date.available 2025-05-07T01:12:05Z
dc.date.issued 2025-04-14
dc.identifier.citation APA (American Psychogical Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6303
dc.description.abstract NURNABILA, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SDN 27 Sungai Kakap Tahun Ajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1)skor rata-rata hasil belajar IPA peserta didik kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble di SDN 27 Sungai Kakap Tahun Ajaran 2024/2025; 2) skor rata-rata hasil belajar IPA peserta didik kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble di SDN 27 Sungai Kakap Tahun Ajaran 2024/2025; 3) pelaksanaan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble di sdn 27 Sungai Kakap tahun ajaran 2024/2025; 4) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada mata pelajaran IPA kelas IV terhadap hasil belajar peserta didik di SDN 27 Sungai Kakap Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Experimen. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas IV A berjumlah 21 peserta didik dan IV B berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability jenis sampel jenuh. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji instrumen, dan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Skor rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol yaitu 64,66; 2) Skor rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 72,33; 3) Persentase terlaksananya kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajran kooperatif tipe scramble adalah 100%; 4) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada hasil belajar IPA hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai sig (2-tailed) adalah 0,005 maka sig (2-tailed) < a = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Scramble en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject IPA en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 27 SUNGAI KAKAP TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account