Abstract:
NURSANTIKA, 11910156. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery
Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 09 Teluk Keramat Tahun Pelajaran
2022/2023”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri,
Pontianak 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik terdapat materi
pelajaran yang diberikan guru ada beberapa peserta didik yang masih
mengobrol sendiri, kurang tertarik pada materi yang di sampaikan oleh guru.
Proses pembelajaran bertujuan untuk mengetahui penerapan model discovery
learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SD
Negeri 09 Teluk Keramat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model pembelajaran ini
dilakukan dengan empat tahap, yaitu 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3)
Pengamatan, dan 4) Refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu
observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis data aktivitas guru dan peserta didik dan analisis hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model discovery
Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SD
Negeri 09 Teluk Keramat. 1) Sebelum diterapkannya model pembelajaran
Discovery Learning yaitu dari 25 peserta didik dengan jumlah rata-rata 58,4.
Jumlah peserta didik yang tuntas 8 orang dengan presentase 32%, sedangkan
peserta didik yang tidak tuntas 17 orang dengan presentase 68%. 2)
meningkatkan hasil belajar maka dilakukan penelitian dengan menggunakan
model Discovery Learning dengan langkah-langkah sederhana, kemudian
guru melakukan observasi di kelas IV yaitu melaksanakan Siklus I dan Siklus
II. 3) Hasil belajar dengan nilai peserta didik setelah diterapkan model
pembelajaran Discovery Learning yaitu Siklus I dari 25 peserta didik dengan
jumlah rata-rata 69,6, jumlah peserta didik yang tuntas 13 orang dengan
presentase 52% dan peserta didik yang tidak tuntas 12 orang dengan
presentase 48%. Selanjutnya pada Siklus II dari 25 peserta didik dengan nilai
rata-rata 85,2, jumlah peserta didik yang tuntas 21 orang dengan presentase
84% dan peserta didik yang tidak tuntas 4 orang dengan presentase 16%.
Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan model
Discovery Learning meningkat dan termasuk pada kategori tinggi, sehingga
jelas bahwa pada siklus II hasil belajar peserta didik mencapai tingkat
ketuntasan secara klasikal. Ini membuktikan bahwa penerapan model
Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas
IV SD Negeri 09 Teluk Keramat.