Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 09 Teluk Keramat Tahun Pelajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, Rahmatullah
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Nursantika, Nursantika
dc.date.accessioned 2025-04-29T07:18:45Z
dc.date.available 2025-04-29T07:18:45Z
dc.date.issued 2024-01-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6260
dc.description.abstract NURSANTIKA, 11910156. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 09 Teluk Keramat Tahun Pelajaran 2022/2023”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri, Pontianak 2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik terdapat materi pelajaran yang diberikan guru ada beberapa peserta didik yang masih mengobrol sendiri, kurang tertarik pada materi yang di sampaikan oleh guru. Proses pembelajaran bertujuan untuk mengetahui penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SD Negeri 09 Teluk Keramat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model pembelajaran ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data aktivitas guru dan peserta didik dan analisis hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SD Negeri 09 Teluk Keramat. 1) Sebelum diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning yaitu dari 25 peserta didik dengan jumlah rata-rata 58,4. Jumlah peserta didik yang tuntas 8 orang dengan presentase 32%, sedangkan peserta didik yang tidak tuntas 17 orang dengan presentase 68%. 2) meningkatkan hasil belajar maka dilakukan penelitian dengan menggunakan model Discovery Learning dengan langkah-langkah sederhana, kemudian guru melakukan observasi di kelas IV yaitu melaksanakan Siklus I dan Siklus II. 3) Hasil belajar dengan nilai peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning yaitu Siklus I dari 25 peserta didik dengan jumlah rata-rata 69,6, jumlah peserta didik yang tuntas 13 orang dengan presentase 52% dan peserta didik yang tidak tuntas 12 orang dengan presentase 48%. Selanjutnya pada Siklus II dari 25 peserta didik dengan nilai rata-rata 85,2, jumlah peserta didik yang tuntas 21 orang dengan presentase 84% dan peserta didik yang tidak tuntas 4 orang dengan presentase 16%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan model Discovery Learning meningkat dan termasuk pada kategori tinggi, sehingga jelas bahwa pada siklus II hasil belajar peserta didik mencapai tingkat ketuntasan secara klasikal. Ini membuktikan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SD Negeri 09 Teluk Keramat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Discovery Learning en_US
dc.subject Hasil Belajar Peserta Didik en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 09 Teluk Keramat Tahun Pelajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account