Abstract:
KINANTI DEWI FATIKA. Penerapan Strategi Card Sort Dibantu Media Audio
Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VB di SDN 03
Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran IPA serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam
proses penyampaian materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menjabarkan mengenai 1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan strategi
pembelajaran. 2) Pelaksanaan langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran.
3) Hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan strategi pembelajaran. 4)
Peningkatan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VB sebelum dan sesudah
diterapkan strategi card sort dibantu dengan media audio visual di SDN 03
Pontianak Timur tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 03 Pontianak Timur
dengan subjek dan objek adalah peserta didik kelas VB. Teknik pengumpulan
data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa
lembar soal pilihan ganda, lembar observasi, kamera, dan ceklis dokumen.
Analisis data berupa analisis persentase dan rata-rata.
Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan
bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan strategi card sort
dibantu media audio visual sebesar 33,33. 2) Penerapan strategi card sort dibantu
media audio visual telah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Pada siklus I keterlaksanaan proses pembelajaran sebesar 63,94% dan pada siklus
II sebesar 86,05%. 3) Hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan strategi card
sort dibantu media audio visual pada siklus I sebesar 66,67 dan pada siklus II
sebesar 93,33. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi IPA
kelas V B sebelum dan sesudah diterapkan strategi card sort dibantu media audio
visual di SDN 03 Pontianak Timur yaitu pada pra siklus rata-rata peserta didik
yang tuntas sebesar 33,33. Pada siklus I meningkat menjadi 66,67 sedangkan pada
siklus II meningkat menjadi 93,33.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi card sort dibantu media
audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didk kelas VB
SDN 03 Pontianak Timur dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini
dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas sebesar 83,73 dengan rata-rata peserta didik
yang tuntas sebesar 93,33 pada akhir penelitian.