Penerapan Strategi Card Sort Dibantu Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VB di SDN 03 Pontianak Timur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Fatika, Kinanti Dewi
dc.date.accessioned 2025-04-23T03:21:37Z
dc.date.available 2025-04-23T03:21:37Z
dc.date.issued 2023-12-19
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6187
dc.description.abstract KINANTI DEWI FATIKA. Penerapan Strategi Card Sort Dibantu Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VB di SDN 03 Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam proses penyampaian materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjabarkan mengenai 1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan strategi pembelajaran. 2) Pelaksanaan langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran. 3) Hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan strategi pembelajaran. 4) Peningkatan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VB sebelum dan sesudah diterapkan strategi card sort dibantu dengan media audio visual di SDN 03 Pontianak Timur tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN 03 Pontianak Timur dengan subjek dan objek adalah peserta didik kelas VB. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar soal pilihan ganda, lembar observasi, kamera, dan ceklis dokumen. Analisis data berupa analisis persentase dan rata-rata. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan strategi card sort dibantu media audio visual sebesar 33,33. 2) Penerapan strategi card sort dibantu media audio visual telah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. Pada siklus I keterlaksanaan proses pembelajaran sebesar 63,94% dan pada siklus II sebesar 86,05%. 3) Hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan strategi card sort dibantu media audio visual pada siklus I sebesar 66,67 dan pada siklus II sebesar 93,33. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi IPA kelas V B sebelum dan sesudah diterapkan strategi card sort dibantu media audio visual di SDN 03 Pontianak Timur yaitu pada pra siklus rata-rata peserta didik yang tuntas sebesar 33,33. Pada siklus I meningkat menjadi 66,67 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93,33. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi card sort dibantu media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didk kelas VB SDN 03 Pontianak Timur dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas sebesar 83,73 dengan rata-rata peserta didik yang tuntas sebesar 93,33 pada akhir penelitian. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject card sort en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Audio Visual en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject IPA en_US
dc.title Penerapan Strategi Card Sort Dibantu Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VB di SDN 03 Pontianak Timur en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account