Abstract:
SAWITRI YULIANDANI NASUTION, Pengaruh Cerita Bergambar
Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Tematik
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2022.
Tujuan penelitian terdiri dari:1)Bagaimana keterampilan membaca (post
test) dalam pembelajaran tematik tema 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas
2 (control) di MIN 01 Filial Pontianak tahun ajaran 2023/2024.2)bagaimana
langkah penggunaan buku cergam untuk meningkatkan keterampilan membaca
dalam pembelajaran tematik mata pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik
kelas 2MIN 1 Filial Pontianak tahun ajaran 2023/2024.3) bagaimana keterampilan
membaca (post test) dalam tematik tema 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas
2 (eksperimen) MIN 1 Filial Pontianak tahun ajaran 2023/2024.4)apakah terdapat
pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca (post test) dalam
pembelajaran tematik tema 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik
kelas control dan kelas eksperimen di MIN 1 Filial Pontianak tahun ajaran
2023/2024.
Metode penelitian adalah kuantitatif jenis eksperimen, tipe onequivalent
control group design. Penelitan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Kelas eksperimen peneltian diberikan perlakuan pembelajaran media
buku cergam, pembelajaran kelas kontrol dilakukan pembelajaran biasa. Subjek
dari penelitian adalah peserta didik kelas 2C berjumlah 20, Kelas 2D berjumlah
20. Instrumen pengumpulan data tes perbuatan, observasi dan dokumentasi
melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan rumus
uji-t.
Hasil penelitian disimpulkan:1)keterampilan membaca peserta didik
sebelum menggunakan media Buku cergam rata-rata adalah 49,05 dari 20 peserta
didik dan presentase tuntas adalah 15% sebanyak 3 peserta didik kategori cukup
terampil.2) langkah penggunaan buku cerita bergambar dilakukan peneliti
membagikan buku cerita bergambar kepada peserta didik, dan peneliti
memberikan contoh membaca bersama, lalu peserta didik maju didepan kelas tes
membaca buku cergam yang telah dibagikan.3)keterampilan membaca Peserta
didik setelah menggunakan buku cergam nilai rata-rata terjadi peningkatan nilai
rata-rata 83,6 keterampilan membaca mencapai nilai KKM.4) terdapat pengaruh
secara signifikan terhadap keterampilan membaca peserta didik signifikansi
55,368 < 2,100092 artinya Ho ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan terdapat
pengaruh media buku cergam terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas
2 MIN 1 Filial.