Pengaruh Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.advisor Hidayat, Moh. Yusuf
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.author Nasution, Sawitri Yuliandani
dc.date.accessioned 2025-04-23T03:07:08Z
dc.date.available 2025-04-23T03:07:08Z
dc.date.issued 2023-12-13
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6185
dc.description.abstract SAWITRI YULIANDANI NASUTION, Pengaruh Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2022. Tujuan penelitian terdiri dari:1)Bagaimana keterampilan membaca (post test) dalam pembelajaran tematik tema 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 2 (control) di MIN 01 Filial Pontianak tahun ajaran 2023/2024.2)bagaimana langkah penggunaan buku cergam untuk meningkatkan keterampilan membaca dalam pembelajaran tematik mata pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas 2MIN 1 Filial Pontianak tahun ajaran 2023/2024.3) bagaimana keterampilan membaca (post test) dalam tematik tema 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 (eksperimen) MIN 1 Filial Pontianak tahun ajaran 2023/2024.4)apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca (post test) dalam pembelajaran tematik tema 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas control dan kelas eksperimen di MIN 1 Filial Pontianak tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian adalah kuantitatif jenis eksperimen, tipe onequivalent control group design. Penelitan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen peneltian diberikan perlakuan pembelajaran media buku cergam, pembelajaran kelas kontrol dilakukan pembelajaran biasa. Subjek dari penelitian adalah peserta didik kelas 2C berjumlah 20, Kelas 2D berjumlah 20. Instrumen pengumpulan data tes perbuatan, observasi dan dokumentasi melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian disimpulkan:1)keterampilan membaca peserta didik sebelum menggunakan media Buku cergam rata-rata adalah 49,05 dari 20 peserta didik dan presentase tuntas adalah 15% sebanyak 3 peserta didik kategori cukup terampil.2) langkah penggunaan buku cerita bergambar dilakukan peneliti membagikan buku cerita bergambar kepada peserta didik, dan peneliti memberikan contoh membaca bersama, lalu peserta didik maju didepan kelas tes membaca buku cergam yang telah dibagikan.3)keterampilan membaca Peserta didik setelah menggunakan buku cergam nilai rata-rata terjadi peningkatan nilai rata-rata 83,6 keterampilan membaca mencapai nilai KKM.4) terdapat pengaruh secara signifikan terhadap keterampilan membaca peserta didik signifikansi 55,368 < 2,100092 artinya Ho ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan terdapat pengaruh media buku cergam terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas 2 MIN 1 Filial. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Buku Cerita Bergambar en_US
dc.subject Keterampilan Membaca en_US
dc.subject Pembelajaran Tematik en_US
dc.title Pengaruh Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account