Abstract:
ELVIRA OKTASARI, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Kelas IV Di Min 1 Sambas: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Hasil belajar kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL) pada materi bagian tubuh tumbuhan di MIN 1 Sambas. 2) Hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL) pada materi bagian tubuh tumbuhan di MIN 1 Sambas. 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning (PJBL) pada materi bagian tubuh tumbuhan di MIN 1 Sambas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas IV MIN 1 Sambas dan sampelnya adalah kelas IVA dan IVB yang berjumlah 40 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi dan lembar checklist. Teknik analisis data berupa: analisis instrument, analisis deskriptif dan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol (IVA) pada materi bagian tubuh tumbuhan yang tidak menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL) menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yakni dengan rata-rata 71 dengan presentase ketuntasan sebesar 85,71%. Jadi dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik berada dikatergori “baik”. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen (IVB) pada materi bagian tubuh tumbuhan yang menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL) menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yakni dengan rata-rata 84 dengan presentase ketuntasan sebesar 100%. Jadi dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik berada dikatergori “sangat baik”. 3) Terdapat pengaruh positif dari sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV di MIN 1 Sambas. Hal ini ditunjukkan oleh data hipotesis uji t N-Gain score hasilnya adalah diketahui hasil sig (2-tailed) 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sehingga memiliki peningkatan untuk kelas eksperimen sebesar 62,9% sedangkan kelas kontrol sebesar 16,1%. Dan pada uji koefisien determinasi diperoleh bahwa model ini memiliki pengaruh sebesar 30% terhadap hasil belajar peserta didik.