PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DI KELAS IV MIN 1 SAMBAS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Sulisti, Hidayu
dc.contributor.advisor Hasmi, Ali
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Oktasari, Elvira
dc.date.accessioned 2025-04-09T06:36:03Z
dc.date.available 2025-04-09T06:36:03Z
dc.date.issued 2025-03-14
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6138
dc.description.abstract ELVIRA OKTASARI, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Kelas IV Di Min 1 Sambas: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Hasil belajar kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL) pada materi bagian tubuh tumbuhan di MIN 1 Sambas. 2) Hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL) pada materi bagian tubuh tumbuhan di MIN 1 Sambas. 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning (PJBL) pada materi bagian tubuh tumbuhan di MIN 1 Sambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas IV MIN 1 Sambas dan sampelnya adalah kelas IVA dan IVB yang berjumlah 40 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi dan lembar checklist. Teknik analisis data berupa: analisis instrument, analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol (IVA) pada materi bagian tubuh tumbuhan yang tidak menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL) menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yakni dengan rata-rata 71 dengan presentase ketuntasan sebesar 85,71%. Jadi dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik berada dikatergori “baik”. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen (IVB) pada materi bagian tubuh tumbuhan yang menggunakan model pembelajaran project based learning (PJBL) menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yakni dengan rata-rata 84 dengan presentase ketuntasan sebesar 100%. Jadi dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik berada dikatergori “sangat baik”. 3) Terdapat pengaruh positif dari sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV di MIN 1 Sambas. Hal ini ditunjukkan oleh data hipotesis uji t N-Gain score hasilnya adalah diketahui hasil sig (2-tailed) 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sehingga memiliki peningkatan untuk kelas eksperimen sebesar 62,9% sedangkan kelas kontrol sebesar 16,1%. Dan pada uji koefisien determinasi diperoleh bahwa model ini memiliki pengaruh sebesar 30% terhadap hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Project Base Learning (PJBL) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DI KELAS IV MIN 1 SAMBAS en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account