Abstract:
TAFANA FADHILA, Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik dalam
Materi Bagian Tubuh Tumbuhan antara yang Menggunakan Metode Show and Tell
dengan Metode Ceramah di Kelas IV SDN 22 Sungai Laur: Jurusan Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan skor rata-rata hasil belajar
yang diperoleh peserta didik dalam materi bagian tubuh tumbuhan yang
menggunakan metode ceramah. 2) Mendeskripsikan skor rata-rata hasil belajar
yang diperoleh peserta didik dalam materi bagian tubuh tumbuhan yang
menggunakan metode show and tell. 3) Menjelaskan signifikansi perbedaan hasil
belajar peserta didik dalam materi bagian tubuh tumbuhan yang menggunakan
metode show and tell dan metode ceramah di kelas IV SDN 22 Sungai Laur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian
eksperimen. Desain yang digunakan yaitu pendekatan quasi eksperimen design.
Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik
kelas IV SDN 22 sungai laur dengan sampel kelas IVA yang berjumlah 20 peserta
didik dan kelas IVB yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam
penelitian tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Skor rata-
rata hasil belajar yang diperoleh peserta didik dalam materi bagian tubuh tumbuhan
yang menggunakan metode ceramah mengalami peningkatan sebesar 9,1, dari nilai
rata-rata pretest 24,97 menjadi rata-rata postest 33,98. 2) Skor rata-rata hasil belajar
yang diperoleh peserta didik dalam materi bagian tubuh tumbuhan yang
menggunakan metode show and tell mengalami peningkatan sebesar 60,06 dari nilai
rata-rata pretest 26,64 menjadi rata-rata adalah 86,30. 3) Terdapat perbedaan yang
signifikan pada hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode show and tell
dengan metode ceramah pada materi bagian tubuh tumbuhan di kelas IVA dan IVB
SDN 22 Sungai Laur. Dapat dilihat terdapat peningkatan hasil belajar di kelas yang
menerapkan metode show and tell sebesar 60,06, sedangkan pada kelas yang
menerapkan metode ceramah hanya sebesar 9,01 dan ketika diuji menggunakan uji
T N-Gain Score maka nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000<0,05, sehingga Ha diterima
dan Ho ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
efektivitas antara metode show and tell dengan metode ceramah