PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE SHOW AND TELL DENGAN METODE CERAMAH DI KELAS IV SDN 22 SUNGAI LAUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author Fadhila, Tafana
dc.date.accessioned 2025-03-04T07:52:23Z
dc.date.available 2025-03-04T07:52:23Z
dc.date.issued 2025-01-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6066
dc.description.abstract TAFANA FADHILA, Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Materi Bagian Tubuh Tumbuhan antara yang Menggunakan Metode Show and Tell dengan Metode Ceramah di Kelas IV SDN 22 Sungai Laur: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan skor rata-rata hasil belajar yang diperoleh peserta didik dalam materi bagian tubuh tumbuhan yang menggunakan metode ceramah. 2) Mendeskripsikan skor rata-rata hasil belajar yang diperoleh peserta didik dalam materi bagian tubuh tumbuhan yang menggunakan metode show and tell. 3) Menjelaskan signifikansi perbedaan hasil belajar peserta didik dalam materi bagian tubuh tumbuhan yang menggunakan metode show and tell dan metode ceramah di kelas IV SDN 22 Sungai Laur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan yaitu pendekatan quasi eksperimen design. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 22 sungai laur dengan sampel kelas IVA yang berjumlah 20 peserta didik dan kelas IVB yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam penelitian tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Skor rata- rata hasil belajar yang diperoleh peserta didik dalam materi bagian tubuh tumbuhan yang menggunakan metode ceramah mengalami peningkatan sebesar 9,1, dari nilai rata-rata pretest 24,97 menjadi rata-rata postest 33,98. 2) Skor rata-rata hasil belajar yang diperoleh peserta didik dalam materi bagian tubuh tumbuhan yang menggunakan metode show and tell mengalami peningkatan sebesar 60,06 dari nilai rata-rata pretest 26,64 menjadi rata-rata adalah 86,30. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode show and tell dengan metode ceramah pada materi bagian tubuh tumbuhan di kelas IVA dan IVB SDN 22 Sungai Laur. Dapat dilihat terdapat peningkatan hasil belajar di kelas yang menerapkan metode show and tell sebesar 60,06, sedangkan pada kelas yang menerapkan metode ceramah hanya sebesar 9,01 dan ketika diuji menggunakan uji T N-Gain Score maka nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000<0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas antara metode show and tell dengan metode ceramah en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Show and Tell en_US
dc.subject Metode Ceramah en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE SHOW AND TELL DENGAN METODE CERAMAH DI KELAS IV SDN 22 SUNGAI LAUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account