Abstract:
NUR KARIMAH. Penerapan Metode Global Dibantu Media Big Book
Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik
Kelas II SDN 34 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2023/2024. Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak. 2024.
Peneliti mengangkat permasalahan tentang membaca permulaan
melalui penerapan metode global dibantu media big book pada peserta didik
kelas II di SDN 34 Pontianak Kota. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah metode global dapat meningkatkan keterampilan
membaca permulaan peserta didik kelas II SDN 34 Pontianak Kota. Tujuan
kusus penelitian ini adalah: 1) Memaparkan keterampilan membaca
ppermulaan peserta didik kelas II SDN 34 Pontianak Kota sebelum
menerapkan metode global dibantu media big book di SDN 34 Pontianak
Kota, 2) Memaparkan metode global dibantu media big book untuk
meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II di
SDN 34 Pontianak Kota, 3) Memaparkan keterampilan membaca permulaan
peserta didik kelas II setelah menerapkan metode global dibantu media big
book di SDN 34 Pontianak Kota, 4) Memaparkan terdapat peningkatan
keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II setelah menerapkan
metode global dibantu media big book di SDN 34 Pontianak Kota.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II di SDN 34
Pontianak Kota yang berjumlah 28 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah
PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrument pengumpulan data berupa tes,
lembar observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Sebelum menerapkan
metode global dibantu media big book keterampilan membaca permulaan
peserta didik kelas II yang mencapai nilai KKM>70 sebanyak 21%. 2)
Penerapan metode global dibantu media big book terhadap keterampilan
membaca permulaan peserta didik kelas II yaitu peserta didik membaca
dengan metode global dengan menguraikan kalimat menjadi kata,
menguraikan kata menjadi suku kata, dan menguraikan suku kata menjadi
huruf, kemudian membaca kembali kalimat secara utuh. 3) setelah
menerapkan metode global dibantu media big book, keterampilan membaca
permulaan peserta didik kelas II pada siklus I mencapai nilai KKM>70
sebanyak 61% dan pada siklus II peserta didik mencapai niali KKM>70
sebanyak 89%. 4) Terdapat peningkatan keterampilan membaca permulaan
peserta didik kelas II setelah diterapkan metode global dibantu media Big
Book, hal ini ditunjukan dengan peningkatan persentase pada pra siklus ke
siklus I meningkat 40%, adapun pada siklus I ke siklus II meningkat sebanyak
28%, dan total peningkatan pra siklus ke siklus II sebesar 68%.