Penerapan Metode Global Dibantu Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SDN 34 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.author Karimah, Nur
dc.date.accessioned 2025-02-03T08:27:46Z
dc.date.available 2025-02-03T08:27:46Z
dc.date.issued 2024-07-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5896
dc.description.abstract NUR KARIMAH. Penerapan Metode Global Dibantu Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SDN 34 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak. 2024. Peneliti mengangkat permasalahan tentang membaca permulaan melalui penerapan metode global dibantu media big book pada peserta didik kelas II di SDN 34 Pontianak Kota. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode global dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II SDN 34 Pontianak Kota. Tujuan kusus penelitian ini adalah: 1) Memaparkan keterampilan membaca ppermulaan peserta didik kelas II SDN 34 Pontianak Kota sebelum menerapkan metode global dibantu media big book di SDN 34 Pontianak Kota, 2) Memaparkan metode global dibantu media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II di SDN 34 Pontianak Kota, 3) Memaparkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II setelah menerapkan metode global dibantu media big book di SDN 34 Pontianak Kota, 4) Memaparkan terdapat peningkatan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II setelah menerapkan metode global dibantu media big book di SDN 34 Pontianak Kota. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II di SDN 34 Pontianak Kota yang berjumlah 28 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrument pengumpulan data berupa tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Sebelum menerapkan metode global dibantu media big book keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II yang mencapai nilai KKM>70 sebanyak 21%. 2) Penerapan metode global dibantu media big book terhadap keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II yaitu peserta didik membaca dengan metode global dengan menguraikan kalimat menjadi kata, menguraikan kata menjadi suku kata, dan menguraikan suku kata menjadi huruf, kemudian membaca kembali kalimat secara utuh. 3) setelah menerapkan metode global dibantu media big book, keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II pada siklus I mencapai nilai KKM>70 sebanyak 61% dan pada siklus II peserta didik mencapai niali KKM>70 sebanyak 89%. 4) Terdapat peningkatan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II setelah diterapkan metode global dibantu media Big Book, hal ini ditunjukan dengan peningkatan persentase pada pra siklus ke siklus I meningkat 40%, adapun pada siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 28%, dan total peningkatan pra siklus ke siklus II sebesar 68%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Keterampilan membaca permulaan en_US
dc.subject metode global en_US
dc.subject media big book en_US
dc.title Penerapan Metode Global Dibantu Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SDN 34 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account