Abstract:
TIA UTAMI IVANKA. Penerapan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kelas IV di SDN 10 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih ditemukannya guru yang belum memahami langkah-langkah penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) yang memiliki karakteristik pembelajaran berbasis projek (Project based learning). Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaiamana perencanaan penerapan project based learning berbasis kearifan lokal dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) kelas IV di SDN 10 Pontianak Utara. 2) Untuk mendeskripsikan bagaiamana pelaksanaan penerapan project based learning berbasis keaarifan lokal dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) kelas IV di SDN 10 Pontianak Utara. 3) Untuk mendeskripsikan bagaiamana evaluasi penerapan project based learning berbasis kearifan lokal dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) kelas IV di SDN 10 Pontianak Utara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengguanakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan penerapan project based learning berbasis kearifan lokal projek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV SDN 10 Pontianak Utara melakukan perencanaan yaitu membentuk tim fasilitator, menentukan dimensi, tema, alokasi waktu, dan menyusun modul projek. 2) Pelaksanaan penerapan project based learning berbasis kearifan lokal projek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV SDN 10 Pontianak Utara dilaksanakan sesuai sintaks pembelajaran berbasis projek yaitu, dimulai dengan memberikan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan produk, menyusun jadwal, memonitor peserta didik, menguji hasil proyek. 3) Evaluasi penerapan project based learning berbasis kearifan lokal projek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV SDN 10 Pontianak Utara, menggunakan asessmen formatif berupa rubrik, setelah mengolah asessmen fasilitator membuat laporan akhir yaitu rapor projek penguatan profil pelajar pancasila.