PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 10 PONTIANAK UTARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Ivanka, Tia utami
dc.date.accessioned 2025-01-22T08:13:01Z
dc.date.available 2025-01-22T08:13:01Z
dc.date.issued 2024-12-17
dc.identifier.citation Apa style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5801
dc.description.abstract TIA UTAMI IVANKA. Penerapan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kelas IV di SDN 10 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024. Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih ditemukannya guru yang belum memahami langkah-langkah penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) yang memiliki karakteristik pembelajaran berbasis projek (Project based learning). Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaiamana perencanaan penerapan project based learning berbasis kearifan lokal dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) kelas IV di SDN 10 Pontianak Utara. 2) Untuk mendeskripsikan bagaiamana pelaksanaan penerapan project based learning berbasis keaarifan lokal dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) kelas IV di SDN 10 Pontianak Utara. 3) Untuk mendeskripsikan bagaiamana evaluasi penerapan project based learning berbasis kearifan lokal dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) kelas IV di SDN 10 Pontianak Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengguanakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan penerapan project based learning berbasis kearifan lokal projek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV SDN 10 Pontianak Utara melakukan perencanaan yaitu membentuk tim fasilitator, menentukan dimensi, tema, alokasi waktu, dan menyusun modul projek. 2) Pelaksanaan penerapan project based learning berbasis kearifan lokal projek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV SDN 10 Pontianak Utara dilaksanakan sesuai sintaks pembelajaran berbasis projek yaitu, dimulai dengan memberikan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan produk, menyusun jadwal, memonitor peserta didik, menguji hasil proyek. 3) Evaluasi penerapan project based learning berbasis kearifan lokal projek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV SDN 10 Pontianak Utara, menggunakan asessmen formatif berupa rubrik, setelah mengolah asessmen fasilitator membuat laporan akhir yaitu rapor projek penguatan profil pelajar pancasila. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Project Based Learning en_US
dc.subject Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. en_US
dc.title PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 10 PONTIANAK UTARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account