Abstract:
ASIH. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri
dibantu Media Pop-up Book terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada
Mata Pelajaran IPA di SDN 34 Pontianak Kota. Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Hasil belajar
kelas kontrol V D tanpa meggunakan model pembelajaran inkuiri di
bantu media pop-up book materi ekosistem pada mata pelajaran IPA; 2)
Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran inkuiri di bantu
media pop-up book materi ekosistem pada mata pelajaran IPA; 3) Hasil
belajar kelas eksperimen V B menggunakan model pembelajaran inkuiri
di bantu media pop-up book materi ekosistem pada mata pelajaran IPA;
4) Ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri di
bantu media pop-up book terhadap hasil belajar peserta didik materi
ekosistem pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 34 Pontianak Kota
tahun ajaran 2023/2024.
Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif, jenis penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik
kelas V sejumlah 123 peserta didik yang terdiri dari lima kelas. Sampel
dalam penelitian ini adalah kelas VB dan kelas VD, dengan teknik
pengambilan sampel probability sampling. Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi.
Sedangkan alat pengumpulan datanya adalah lembar observasi, lembar
soal, dan lembar ceklis.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol tanpa
menggunakan model pembelajaran inkuiri di bantu media pop-up book
menunjukkan rata-rata hasil post test yaitu sebesar 72.83; 2) Langkahlangkah penggunaan model pembelajaran inkuiri di bantu Media Pop-up
book yang tersusun dalam perangkat pembelajaran adalah tahap
orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan
data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan; 3) Hasil belajar
peserta didik kelas eksperimen setelah menggunakan model
pembelajaran inkuiri di bantu media pop-up book mendapatkan rata-rata
skor post test sebesar 83.70; 4)Terdapat pengaruh penggunaan model
pembelajaran inkuiri di bantu media pop-up book terhadap hasil belajar
peserta didik kelas V di SDN 34 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024.