Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri dibantu Media Pop-up Book terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA di SDN 34 Pontianak Kota

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.author Asih, Asih
dc.date.accessioned 2025-01-15T04:17:43Z
dc.date.available 2025-01-15T04:17:43Z
dc.date.issued 2024-06-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5710
dc.description.abstract ASIH. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri dibantu Media Pop-up Book terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA di SDN 34 Pontianak Kota. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Hasil belajar kelas kontrol V D tanpa meggunakan model pembelajaran inkuiri di bantu media pop-up book materi ekosistem pada mata pelajaran IPA; 2) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran inkuiri di bantu media pop-up book materi ekosistem pada mata pelajaran IPA; 3) Hasil belajar kelas eksperimen V B menggunakan model pembelajaran inkuiri di bantu media pop-up book materi ekosistem pada mata pelajaran IPA; 4) Ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri di bantu media pop-up book terhadap hasil belajar peserta didik materi ekosistem pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 34 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif, jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V sejumlah 123 peserta didik yang terdiri dari lima kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VB dan kelas VD, dengan teknik pengambilan sampel probability sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan datanya adalah lembar observasi, lembar soal, dan lembar ceklis. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri di bantu media pop-up book menunjukkan rata-rata hasil post test yaitu sebesar 72.83; 2) Langkahlangkah penggunaan model pembelajaran inkuiri di bantu Media Pop-up book yang tersusun dalam perangkat pembelajaran adalah tahap orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan; 3) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri di bantu media pop-up book mendapatkan rata-rata skor post test sebesar 83.70; 4)Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri di bantu media pop-up book terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SDN 34 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Inkuiri en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Pop-up Book en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri dibantu Media Pop-up Book terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA di SDN 34 Pontianak Kota en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account