Abstract:
RUMINA. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bangun Datar Kelas
IV SDN 16 Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar
peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran
problem solving pada pada materi bangun datar kelas IV di SDN 16
Pontianak Timur. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang
menggunakan metode pembelajaran problem solving pada materi bangun
datar kelas IV di SDN 16 Pontianak Timur. 3) Pengaruh penggunaan
metode problem solving pada materi bangun datar kelas IV di SDN 16
Pontianak Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian
dalam penelitian ini eksperimen semu dengan desain Nonequvalent Control
Group Design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas IV SDN
16 Pontianak Timur. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes
pilihan ganda dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis instrumen dan
analisis deskriptif serta uji Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik
yang tidak menggunakan metode problem solving pada kelas kontrol masih
tergolong rendah, dengan nilai rata-rata pretest 42,50 dan nilai rata-rata
posttest 66,79. 2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode
problem solving pada kelas eksperimen adanya peningkatan, dengan nilai
rata-rata pretest 41, 07 dan nilai rata-rata posttest 75,71. 3) Berdasarkan
hasil analisis uji Mann Whitney pada skor pretest dan posttest kelas
eksperimen bahwa didapatkan nilai (sig) sebesar 0,025 < dari 0,05.
Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh penggunaan
metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar peserta didik
pada materi bangun datar kelas IV di SDN 16 Pontianak Timur.