Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 16 Pontianak Timur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.author Rumina, Rumina
dc.date.accessioned 2025-01-15T04:12:52Z
dc.date.available 2025-01-15T04:12:52Z
dc.date.issued 2024-06-26
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5708
dc.description.abstract RUMINA. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 16 Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran problem solving pada pada materi bangun datar kelas IV di SDN 16 Pontianak Timur. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran problem solving pada materi bangun datar kelas IV di SDN 16 Pontianak Timur. 3) Pengaruh penggunaan metode problem solving pada materi bangun datar kelas IV di SDN 16 Pontianak Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini eksperimen semu dengan desain Nonequvalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas IV SDN 16 Pontianak Timur. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis instrumen dan analisis deskriptif serta uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan metode problem solving pada kelas kontrol masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata pretest 42,50 dan nilai rata-rata posttest 66,79. 2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode problem solving pada kelas eksperimen adanya peningkatan, dengan nilai rata-rata pretest 41, 07 dan nilai rata-rata posttest 75,71. 3) Berdasarkan hasil analisis uji Mann Whitney pada skor pretest dan posttest kelas eksperimen bahwa didapatkan nilai (sig) sebesar 0,025 < dari 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar kelas IV di SDN 16 Pontianak Timur. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Problem Solving en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 16 Pontianak Timur en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account