Abstract:
SEFTIANI, Pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture
dibantu media puzzle terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran IPAS kelas
V di SDN 35 Pontianak Selatan: Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,
2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) penggunaan model picture
and picture dibantu media puzzle dalam mata Pelajaran IPAS peserta didik kelas V SDN
35 Pontianak Selatan (2) prestasi belajar peserta didik dalam mata Pelajaran IPAS
peserta didik kelas V SDN 35 Pontianak Selatan, (3) pengaruh penggunaan model
pembelajran picture and picture dibantu media puzzle dalam mata Pelajaran IPAS
peserta didik kelas V SDN 35 Pontianak Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan
jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu pendekatan quasi
eksperimen design pretest-postest control group. Adapun populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh kelas V SDN 35 Pontianak Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah
kelas VB berjumblah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V C berjumlah 30
sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam penelitian purposive sampling,
observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar test, lembar observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). penggunaan model pembelajarn
picture and picture dibantu media puzzle telah terlaksana sesuai dengan langkah-langkah
tersebut. 2). prestasi belajar peserta didik dalam mata Pelajaran IPAS kelas V dengan
nilai rata-rata 84,821. 3). terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran picture
and picture dibantu media puzzle mata Pelajaran IPAS yaitu dengan signifikasi
0,34<0,05 dan dapat dilihat dari hasil uji effect size dihitung dengan rumus cohen’s
dengan hasil 1,4 yang artinya sangat besar.