Pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture dibantu media puzzle terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran IPAS kelas V di SDN 35 Pontianak Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Seftiani, Seftiani
dc.date.accessioned 2025-01-10T04:42:55Z
dc.date.available 2025-01-10T04:42:55Z
dc.date.issued 2024-06-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5665
dc.description.abstract SEFTIANI, Pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture dibantu media puzzle terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran IPAS kelas V di SDN 35 Pontianak Selatan: Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) penggunaan model picture and picture dibantu media puzzle dalam mata Pelajaran IPAS peserta didik kelas V SDN 35 Pontianak Selatan (2) prestasi belajar peserta didik dalam mata Pelajaran IPAS peserta didik kelas V SDN 35 Pontianak Selatan, (3) pengaruh penggunaan model pembelajran picture and picture dibantu media puzzle dalam mata Pelajaran IPAS peserta didik kelas V SDN 35 Pontianak Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu pendekatan quasi eksperimen design pretest-postest control group. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN 35 Pontianak Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VB berjumblah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V C berjumlah 30 sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam penelitian purposive sampling, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar test, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). penggunaan model pembelajarn picture and picture dibantu media puzzle telah terlaksana sesuai dengan langkah-langkah tersebut. 2). prestasi belajar peserta didik dalam mata Pelajaran IPAS kelas V dengan nilai rata-rata 84,821. 3). terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture dibantu media puzzle mata Pelajaran IPAS yaitu dengan signifikasi 0,34<0,05 dan dapat dilihat dari hasil uji effect size dihitung dengan rumus cohen’s dengan hasil 1,4 yang artinya sangat besar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model picture and picture en_US
dc.subject puzzle en_US
dc.subject prestasi belajar IPAS en_US
dc.title Pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture dibantu media puzzle terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran IPAS kelas V di SDN 35 Pontianak Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account