Abstract:
IMAM ARYO PRATOMO, Penerapan Project Based Learning Terhadap
Hasil Belajar Materi IPA di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al Mustaqim
Kubu Raya: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2022.
Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh penerapan model
pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar Tematik materi IPA di
kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al Mustaqim Kubu Raya. Penelitian ini
berjenis Penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental. Pemilihan
sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan
alasan karena rata-rata akhir skor hasil belajar peserta didik tidak menunjukkan
perbedaan yang signifikan yakni kelas 4A sebesar 60 sedangkan kelas 4B sebesar
63.
Penelitian ini menemukan rata-rata skor Pretest pada kelas eksperimen dan
kontrol sebelum diterapkan model pembelajaran Project Based Learning rendah
karena di bawah KKM. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Tematik
materi IPA di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Mustaqim Kubu Raya terdapat
perubahan setelah diterapkan model pembelajaran Project Based Learning
khususnya di kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata skor Post Test
peserta didik kelas eksperimen yang mengalami peningkatan yang signifikan yaitu
dari skor 50,87 menjadi 78,87 dengan KKM=75. Adapun pengaruh penggunaan
model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar materi IPA
dalam penelitian ini diujikan menggunakan uji Normalitas Gain dan didapati hasil
0,395 untuk kelas kontrol dan 0,603 untuk kelas eksperimen yang mana hasil
tersebut berada pada kategori sedang.