Abstract:
SELA PUSPITA, 12010035. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Berbantuan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan media gambar berseri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kegiatan jual beli dalam mata pelajaran IPAS kelas IV D MIN 2 Pontianak tahun ajaran 2023/2024
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur yang digunakan ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. soal lembar observasi dokumentasi.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan media gambar berseri untuk meingkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV D pada materi kegiatan jual beli dalam mata pelajaran IPAS dilaksanakan sebanyak 2 siklus, refleksi siklus I diperbaiki pada siklus II. Hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan media gambar berseri pada materi kegiatan jual beli dalam mata pelajaran IPAS, rata-rata ketuntasan peserta didik pada prasiklus 65. Rata-rata ketuntasan pada siklus I sebesar 74 sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan sebesar 84. Dilihat dari rata-rata ketuntasan nilai peserta didik terdapat peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan media gambar berseri, peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 9% dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10%