PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Puspita, Sela
dc.date.accessioned 2024-12-13T02:04:38Z
dc.date.available 2024-12-13T02:04:38Z
dc.date.issued 2024-10-21
dc.identifier.citation Apa Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5542
dc.description.abstract SELA PUSPITA, 12010035. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Berbantuan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan media gambar berseri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kegiatan jual beli dalam mata pelajaran IPAS kelas IV D MIN 2 Pontianak tahun ajaran 2023/2024 Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur yang digunakan ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. soal lembar observasi dokumentasi. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan media gambar berseri untuk meingkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV D pada materi kegiatan jual beli dalam mata pelajaran IPAS dilaksanakan sebanyak 2 siklus, refleksi siklus I diperbaiki pada siklus II. Hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan media gambar berseri pada materi kegiatan jual beli dalam mata pelajaran IPAS, rata-rata ketuntasan peserta didik pada prasiklus 65. Rata-rata ketuntasan pada siklus I sebesar 74 sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan sebesar 84. Dilihat dari rata-rata ketuntasan nilai peserta didik terdapat peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan media gambar berseri, peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 9% dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10% en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw en_US
dc.subject IPAS en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account