Abstract:
LISTIANA. Pengaruh Penerapan metode mind mapping terhadap kemampuan bercerita pada kelas 5 di MIN 3 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negri Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan 1) Kemampuan Bercerita Peserta Didik Sebelum diterapkan Metode Mind Mapping Pada Kelas 5 di MIN 3 Pontianak, 2) Kemampuan Bercerita Peserta Didik Sesudah diterapkan Metode Mind Mapping Pada Kelas 5 di MIN 3 Pontianak, 3) Seberapa besar Pengaruh Dari Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik Pada kelas 5 di MIN 3 Pontianak.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen Quasi eksperimental dengan menggunakan bentuk pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 5 dengan jumlah 114 orang. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik sampel random, dan terpilihlah peserta didik kelas 5A sebagai kelas dan peserta didik kelas 5 B 38 orang. Teknik pengumpulan data: Tes, observasi, dokumentasi. Alat pengumpulan data: Lembar observasi, rubrik penilaian, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data: Uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whitney dan uji Effect Size.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan : 1) Kemampuan bercerita yang tidak menggunakan metode mind mapping dikelas kontrol peserta didik memperoleh hasil dengan pre-test dengan nilai rata-rata sebesar 48,23 dengan kategori “kurang”. Sedangkan nilai post-test memperoleh nilai rata-rata sebesar 50,58 dengan kategori “cukup”, 2) Kemampuan bercerita yang diterapkan metode mind mapping peserta didik dikelas eksperimen terjadi peningkatan dengan nilai pre-test dikelas eksperimen dengan nilai pre-test rata-rata 50,76 dengan kategori “cukup”. Nilai post-test dikelas eksperimen memperoleh hasil nilai rata-rata 72,35 dengan kategori “baik”, 3) pengaruh metode Mind Mapping, menggunakan uji Mann Whitney sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh metode Mind Mapping terhadap kemampuan bercerita peserta didik pada kelas 5 di MIN 3 Pontianak. Berdasarkan perhitungan effect size diperoleh pengaruh sebesar 4,41 dengan interpretasi tinggi.