PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PESERTA DIDIK PADA KELAS 5 DI MIN 3 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.author Listiana, Listiana
dc.date.accessioned 2024-11-25T06:43:19Z
dc.date.available 2024-11-25T06:43:19Z
dc.date.issued 2024-10-29
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5461
dc.description.abstract LISTIANA. Pengaruh Penerapan metode mind mapping terhadap kemampuan bercerita pada kelas 5 di MIN 3 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negri Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan 1) Kemampuan Bercerita Peserta Didik Sebelum diterapkan Metode Mind Mapping Pada Kelas 5 di MIN 3 Pontianak, 2) Kemampuan Bercerita Peserta Didik Sesudah diterapkan Metode Mind Mapping Pada Kelas 5 di MIN 3 Pontianak, 3) Seberapa besar Pengaruh Dari Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik Pada kelas 5 di MIN 3 Pontianak. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen Quasi eksperimental dengan menggunakan bentuk pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 5 dengan jumlah 114 orang. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik sampel random, dan terpilihlah peserta didik kelas 5A sebagai kelas dan peserta didik kelas 5 B 38 orang. Teknik pengumpulan data: Tes, observasi, dokumentasi. Alat pengumpulan data: Lembar observasi, rubrik penilaian, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data: Uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whitney dan uji Effect Size. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan : 1) Kemampuan bercerita yang tidak menggunakan metode mind mapping dikelas kontrol peserta didik memperoleh hasil dengan pre-test dengan nilai rata-rata sebesar 48,23 dengan kategori “kurang”. Sedangkan nilai post-test memperoleh nilai rata-rata sebesar 50,58 dengan kategori “cukup”, 2) Kemampuan bercerita yang diterapkan metode mind mapping peserta didik dikelas eksperimen terjadi peningkatan dengan nilai pre-test dikelas eksperimen dengan nilai pre-test rata-rata 50,76 dengan kategori “cukup”. Nilai post-test dikelas eksperimen memperoleh hasil nilai rata-rata 72,35 dengan kategori “baik”, 3) pengaruh metode Mind Mapping, menggunakan uji Mann Whitney sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh metode Mind Mapping terhadap kemampuan bercerita peserta didik pada kelas 5 di MIN 3 Pontianak. Berdasarkan perhitungan effect size diperoleh pengaruh sebesar 4,41 dengan interpretasi tinggi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Mind Mapping en_US
dc.subject keterampilan Bercerita en_US
dc.subject Kelas 5 en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PESERTA DIDIK PADA KELAS 5 DI MIN 3 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account