Abstract:
INTAN FAIRUZIAH AGUSTINA PUTRI, Pengaruh Penerapan Metode Ekspositori Dibantu Teknik Cross Line Terhadap Hasil Be/ajar Peserta Didik Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Kelas III Di MIN 1 Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah lbtidaiyah Fakultas Tarbiyab dan Ilmu Keguruan lnstitut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalab untuk menganalisis: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran Ekspositori dibantu Teknik Cross Line terbadap basil belajar peserta didik pada materi Operasi Hitung Perkalian dikelas III MIN 1 Kubu Raya Tabun Ajaran 2023/2024. 2) Hasil belajar peserta didik dikelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Ekspositori dibantu Teknik Cross Line terbadap basil belajar peserta didik pada materi Operasi Hitung Perkalian dikelas III MIN 1 Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024. 3) Pengarub metode ekspositori dibantu teknik cross line terbadap basil belajar peserta didik pada materi operasi bitung perkalian kelas III MIN 1 Kubu Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 66 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalab observasi, tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, soal piliban ganda (pre-test dan post-test) dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan babwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran Ekspositori dibantu teknik Cross Line, diperoleb nilai rata-rata pre-test 58,18 dan nilai rata-rata post-test 72,12. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Ekspositori dibantu teknik Cross Line, diperoleb nilai rata-rata pretest 56,60 dan nilai rata-rata post-test 80,60. 3) Terdapat pengarub penggunaan metode pembelajaran Ekspositori dibantu teknik Cross Line terbadap basil belajar peserta didik melalui Uji Sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,030 < 0,050.