PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPOSITORI DIBANTU TEKNIK ROSS LINE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III DI MIN 1 KUBU RA YA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author PUTRI, INTAN FAIRUZIAH AGUSTINA
dc.date.accessioned 2024-10-16T01:32:20Z
dc.date.available 2024-10-16T01:32:20Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5298
dc.description.abstract INTAN FAIRUZIAH AGUSTINA PUTRI, Pengaruh Penerapan Metode Ekspositori Dibantu Teknik Cross Line Terhadap Hasil Be/ajar Peserta Didik Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Kelas III Di MIN 1 Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah lbtidaiyah Fakultas Tarbiyab dan Ilmu Keguruan lnstitut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalab untuk menganalisis: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran Ekspositori dibantu Teknik Cross Line terbadap basil belajar peserta didik pada materi Operasi Hitung Perkalian dikelas III MIN 1 Kubu Raya Tabun Ajaran 2023/2024. 2) Hasil belajar peserta didik dikelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Ekspositori dibantu Teknik Cross Line terbadap basil belajar peserta didik pada materi Operasi Hitung Perkalian dikelas III MIN 1 Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024. 3) Pengarub metode ekspositori dibantu teknik cross line terbadap basil belajar peserta didik pada materi operasi bitung perkalian kelas III MIN 1 Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 66 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalab observasi, tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, soal piliban ganda (pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan babwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran Ekspositori dibantu teknik Cross Line, diperoleb nilai rata-rata pre-test 58,18 dan nilai rata-rata post-test 72,12. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Ekspositori dibantu teknik Cross Line, diperoleb nilai rata-rata pre­test 56,60 dan nilai rata-rata post-test 80,60. 3) Terdapat pengarub penggunaan metode pembelajaran Ekspositori dibantu teknik Cross Line terbadap basil belajar peserta didik melalui Uji Sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,030 < 0,050. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Ekspositori, en_US
dc.subject Teknik Cross Line en_US
dc.subject Hasil Belajar . en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPOSITORI DIBANTU TEKNIK ROSS LINE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III DI MIN 1 KUBU RA YA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account