Abstract:
VERA. Pengaruh Penggunaan Metode Demostrasi Terhadap Aktifitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas V MIN 2 Pontianak. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Dilatar belakangi adanya masalah khusus dengan aktivitas belajar peserta didik dalam menggunakan metode demonstrasi materi sistem peredaran darah bahwa dengan itu peneli dalam penelitian memiliki tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis:1).Hasil aktifitas belajar peserta didik di kelas kontrol (VA) yang menggunakan metode demonstrasi tidak dibantu alat peraga materi sistem peredaran darah di MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023-2024. 2).Hasil aktifitas belajar peserta didik di kelas eksperimen (VB) yang menggunakan metode demonstrasi dibantu alat peraga materi sistem peredaran darah di MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023-2024. 3).Pengaruh penggunaan metode demonstrasi dibantu alat peraga materi sistem peredaran darah terhadap aktifitas belajar peserta didik kelas V MIN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023-2024. 4).Besar pengaruh penggunaan metode Demonstrasi dibantu alat peraga materi sistem peredaran darah terhadap aktifitas belajar peserta didik kelas V MIN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023-2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain True Exsperimental Design yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V berjumlah 84 peserta didik di MIN 2 Pontianak . Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal (posttest), lembar observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)Hasil aktivitas belajar peserta didik kelas kontrol VA yang menggunakan metode demonstrasi tidak menggunakan alat peraga materi sistem peredaran darah diperoleh hasil aktivitas belajar tergolong sangat aktif dengan rata-rata sebesar 82,45. 2)Hasil aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen VB yang menggunakan metode demonstrasi dibantu alat peraga materi sistem peredaran darah diperoleh hasil aktivitas belajar dengan rata-rata sebesar 87,61 kategori hasil belajar sangat tinggi. 3)Terdapat pengaruh yang signifikasikan pengunaan metode demonstrasi terhadap aktivitas belajar peserta didik. 4)Penggunaan metode demonstrasi memiliki pengaruh yang tinggi sebesar 1,944 dengan menggunakan uji effect size.