Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Dididk Pada Sistem Peredaran Darah Kelas V Di MIN 2 Pontianak Thun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author Vera, Vera
dc.date.accessioned 2024-09-17T03:45:48Z
dc.date.available 2024-09-17T03:45:48Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5144
dc.description.abstract VERA. Pengaruh Penggunaan Metode Demostrasi Terhadap Aktifitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas V MIN 2 Pontianak. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Dilatar belakangi adanya masalah khusus dengan aktivitas belajar peserta didik dalam menggunakan metode demonstrasi materi sistem peredaran darah bahwa dengan itu peneli dalam penelitian memiliki tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis:1).Hasil aktifitas belajar peserta didik di kelas kontrol (VA) yang menggunakan metode demonstrasi tidak dibantu alat peraga materi sistem peredaran darah di MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023-2024. 2).Hasil aktifitas belajar peserta didik di kelas eksperimen (VB) yang menggunakan metode demonstrasi dibantu alat peraga materi sistem peredaran darah di MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023-2024. 3).Pengaruh penggunaan metode demonstrasi dibantu alat peraga materi sistem peredaran darah terhadap aktifitas belajar peserta didik kelas V MIN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023-2024. 4).Besar pengaruh penggunaan metode Demonstrasi dibantu alat peraga materi sistem peredaran darah terhadap aktifitas belajar peserta didik kelas V MIN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain True Exsperimental Design yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V berjumlah 84 peserta didik di MIN 2 Pontianak . Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal (posttest), lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)Hasil aktivitas belajar peserta didik kelas kontrol VA yang menggunakan metode demonstrasi tidak menggunakan alat peraga materi sistem peredaran darah diperoleh hasil aktivitas belajar tergolong sangat aktif dengan rata-rata sebesar 82,45. 2)Hasil aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen VB yang menggunakan metode demonstrasi dibantu alat peraga materi sistem peredaran darah diperoleh hasil aktivitas belajar dengan rata-rata sebesar 87,61 kategori hasil belajar sangat tinggi. 3)Terdapat pengaruh yang signifikasikan pengunaan metode demonstrasi terhadap aktivitas belajar peserta didik. 4)Penggunaan metode demonstrasi memiliki pengaruh yang tinggi sebesar 1,944 dengan menggunakan uji effect size. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Demonstrasi en_US
dc.subject Aktivitas en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Dididk Pada Sistem Peredaran Darah Kelas V Di MIN 2 Pontianak Thun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account