Abstract:
MUHAMAD ROHIM 12010079, Penerapan Metode Reward dan Punishment
dalam Meningktkan Prestasi Belajar Pembelajaran IPAS Tema Indonesiaku Kaya Raya
Peserta Didik Kelas V SDN 27 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya penggunaan metode Reward dan
Punishment. Tujuan penilitian ini adalah untuk : (1)Mendeskripsikan prestasi belajar
peserta didik di kelas V A prestasi belajar peserta didik sebelum diterapkan reward dan
punishment dalam meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran IPAS tema
Indonesiaku Kaya Raya kelas V SDN 27 Pontianak Utara tahun ajaran 2023/2024. (2)
mendeskripsikan langkah-langkah penerapan Implementasi reward dan punishment
dalam meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran IPAS trma Indonesiaku Kaya
Raya kelas V SDN 27 Pontianak Utara tahun ajaran 2023/2024. (3) memperlihatkan
hasil belajar psertadidik setelah diterapakan metode reward dan punishment dalam
meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran IPAS tema Indonesiku kaya raya
kelas V SDN 27 Pontianak Utara tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini mengunakan langkah-langkah metode Reward dan Punishment
dalam pembelajaran. Guru menyiapkan materi, memberikan penjelasan, dan
memberikan latihan soal. Peserta yang aktif dan menjawab benar mendapat hadiah,
sementara yang membuat keributan atau malas belajar diberi kesempatan untuk
mendapat hadiah atau hukuman sesuai tingkat kesalahannya. Hadiah akan semakin
banyak dengan banyaknya materi soal.
Prestasi belajar peserta didik setelah diterapkan metode reward dan punishment
pada pembelajaran IPAS Tema Indonesiaku Kaya Raya Subtema Bagaimana Bentuk
Indonesiaku kelas V sdn 27 Pontianak Utara mengalami peningkatan baik di siklus 1
maupun siklus 2. Hal ini dapa dilihat dari hasil penelitian dari siklus 1 dan 2. Pada
siklus 1 persentase ketuntasan meningkat 60% dari pra siklus penelitian dari 36%
menjadi 66% dengan nilai rat-rata 74,16. Jumlah peserta didik yang mendapatkan nilai
tuntas sebanyak 14 orang dari 24 peserta didik. sedangkan pada siklus 2 persentase
meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata 87,08 hal ini menunjukan metode
reward dan punishment berhasil meningkatkan prestasi belajar peserta didik SDN 27
Pontianak Utara.