Abstract:
WIDYA JUNIYATI, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN 14 Pontianak Kota : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) Penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi bagaimana bernapas membantuku melakukan aktivitas sehari-hari kelas V SDN 14 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024, 2) Hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPAS materi bagaimana bernapas membantuku melakukan aktivitas sehari-hari di SDN 14 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024, 3) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi bagaimana bernapas membantuku melakukan aktivitas sehari-hari kelas V SDN 14 Pontianak Kota tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V di SDN 14 Pontianak Kota yang terdiri dari 2 kelas tahun pelajaran 2023/2024 berjumlah 50 orang peserta didik. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan Sampling Jenuh dengan kelas V B sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V A sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda (pre-test dan post-test), lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif dan inferensial.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPAS termasuk dalam kategori sangat baik karena memiliki nilai rata-rata sebesar 100 % artinya langkah-langkah model pembelajaran problem based learning telah diterapkan secara sistematis. 2) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol tahap pretest sebesar 62,88 dan pada tahap posttest sebesar 71,4. Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pada tahap pretest sebesar 67,92 dan pada tahap posttest sebesar 85,84. 3) Dari hasil analisis data uji-t diperoleh nilai sebesar Sig 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikansi dari penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 14 Pontianak Kota. Besar pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 1,96 dengan kriteria atau interpretasinya tinggi (strong effect).